Berita TerkiniSeputar BPP

Serunya Pesta Adat di Soppeng, Warga Berperang Pakai Api

Masyarakat Kelurahan Ujung, Kecamatan Lilirilau, Soppeng, kembali menggelar pesta adat

Pesta adat yang disebut warga lokal sebagai tiga matoa kembar “Marale Paroto Berru” itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Soppeng, Asiz Makmur, Kamis, 26/10/2017

Lurah Ujung Andi Sumardi mengatakan kegiatan itu dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Pesta adat itu adalah tradisi masyarakat setempat yang dimulai sejak ratusan tahun yang lalu.

“Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan untuk melestarikan adat istiadat yang sudah tergusur oleh modernisasi” kata A.Sumardi, sesaat lalu

Salah satu keturunan Arung Berru, Syarifuddin Umar, menyampaikan terima kasih atas partisipasi pemerintah dan seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini.

“Kegiatan ini, selain tradisi yang patut dijaga, juga dapat mempererat silaturahim antara sesama masyarakat sehingga memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa” jelas pria bergelar doktor itu

Pada pesta adat ini, katanya, dilaksanakan beberapa kegiatan seperti “Mabbuang majang, Mallogo, Maggasing, Massawung Manu, Maddaga, Sirawu Sulo Api (Perang api) dan Mabbele ale (memukul diri dengan senjata tajam).

Camat lilirilau A.Damrah, S.Sos, M.Si menyampaikan atas nama pemerintah Kabupaten Soppeng menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terlaksananya kegiatan ini.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi wadah silahturahim untuk mempererat persatuan antara masyarakat dan dapat melestarikan budaya bangsa” harap A.Damrah.

Acara ini dilaksanakan mulai tanggal 25 sd 27 oktober 2017.
Kegiatan ini dihadiri ratusan masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close